Image

Tuesday 9 October 2012

Makanan Ikan Cupang yang Berasal dari Alam

Guys!! Kali ini mimin mau menjelaskan tentang pakan alami ikan cupang. Seperti yang kita tahu para Betta Loverss banyak sekali pakan ikan cupang, tetapi pasti yang terbaik tetaplah dari alam bukan? Makanya itu mimin mau menjelaskan beberapa pakan ikan cupang yang berasal dari alam!

1.       Cacing Darah
Jadi cacing darah atau yang biasa kita kenal blood worm. Pakan ini merupakan pakan yang paling aman, terutama bagi ikan cupang yang sudah dewasa. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemaknya yang rendah sehingga tidak mengganggu organ-organ ikan cupang. Biasanya cacing darah dapat kita temukan di selokan-selokan. Disarankan yang mengambil dari selokan agar tempat pakannya dibedakan dengan akuarium air, jadi yang dipindahkan itu ikannya, bukan cacingnya karena bakalan jadi kotor jika yang dimasukkan langsung cacingnya. Pak
an ini selain ditemukan di selokan, dapat dibeli di pasar-pasar tradisional, toko ikan dalam bentuk beku dan masih segar.
2.      
 Cacing Sutra
Jadi cacing sutra yang kerap dibilang tubifex worm  sangat mudah didapatkan, karena memang  cacing sutra diperjualbelikan di toko-toko ikan maupun toko umpan. Harga cacing ini pun relatif lebih murah dibandingkan cacing darah, karena memang kualitas cacing sutra masih dibawah cacing darah. Kandungan lemak dalam cacing sutra lumayan tinggi, maka dari itu cacing sutra kurang cocok jika diberika kepada ikan yang sudah dewasa karena akan menyebabkan ikan terlalu gemuk dan dapat mempengaruhi organ reproduksinya. Namun pakan ini sangat cocok jika diberikan pada cupang yang sedang dalam proses pembesaran.

3.       Kutu Air
Kutu air yang biasa kita jumpai kerap disapa Moina dan Daphnia. Kutu air dapat dibeli dan dapat dikembangkan sendiri, dan pengembangannya cukup simpel. Untuk mengembangkannya anda membutuhkan semangkuk air hijau/air lumut. Beli Daphnia/Kutu Air kering dari toko ikan terdekat. Campurkan sedikit kutu air kedalam air hijau. Maka kutu air akan berkembang sendiri. Kutu air akan memakan microscopic. Lalu masukan lah sedikit demi sedikit kedalam akuarium, makan ikan akan memakan mereka. Biasanya kutu air menjadi pakan untuk burayak ikan cupang. Selain itu Kutu air dapat ditemukan di selokan-selokan yang tersumbat.

4.       Jentik Nyamuk
Jentin Nyamuk adalah burayak dari nyamuk. Jentik nyamuk paling banyak dan paling sering digunakan oleh peternak-peternak ikan cupang. Selain mudah untuk didapatkan, jentik nyamuk juga sering dijumpai, di selokan, di bak. Sangat disarankan kepada readers-readers sekalian untuk tidak membudidayakan jentik nyamuk, karena membudidayakan jentik nyamuk sama saja membudidayakan nyamuk, dan akan timbullah penyakit-penyakit sekitar anda. Jentik nyamuk memang sangat bagus bagi ikan cupang. Akan tetapi sangat disarankan untuk tidak memberikan jentik nyamuk berlebihan, sebab jentik nyamuk yang tidak termakan akan menjadi nyamuk, dan dapat menimbulkan penyakit, memang bukan penyakit untuk ikan, tetapi penyakit untuk anda sekalian.

5.       Infusoria
Infusoria adalah salah satu pakan ikan cupang yang sempurna. Pakan ini sangat bagus bagi anak cupang yang baru menetas. Infusoria biasanya berbentuk jasad renik atau ganggang renik. Cara membuat Infusoria cukup menggungakan sayuran busuk yang diletakkan kedalam wadah yang berisi air. Maka beberapa hari setelah itu akan muncul bemilyaran infusoria.

6.       Artemia
Artemia yang kerap dipanggil Brine Shrimp merupakan embrio yang awalnya tertidur menjadi bangun (mati menjadi hidup). Ini merupakan udang primitif yang merupakan pakan ikan cupang           yang terjadi metamorfosis ketika mereka bebas berenang. Anak ikan cupang sangat menyukainya sebagai pakan mereka. Suhu biasanya yang ideal bagi artemia adalah 25-30⁰ celcius.

7.       Paramecium
Paramecium adalah kumpulan protozoa yang merupakan makanan pengganti setelah ikan menetas dari telurnya. Paramecium cukup mudah untuk didapatkan dan di kembangbiakkan. Cukup menggunakan liquifry yang dituangkan sedikit pada air yang secukupnya. Lalu dijemur keluar untuk mendapat cahaya matahari selama beberapa hari. Pemanenan  paramecium tinggal dituangkan kedalam akuarium ikan cupang.

8.       Vineegar Eel

Pakan ini merupakan pakan ikan cupang yang paling cocok untuk burayak ikan. Hal ini dikarenakan bentuk Vineegar Eel yang kecil dan cocok untuk mulut burayak-burayak cupang. Untuk membudidayakannya juga cukup mudah. Yang dibutuhkan adalah kontainer yang sedang, cuka apel, apel, dan starter pack Vineegar Eel yang dapat dibeli di toko ikan terdekat. Isi kontainer dengan air secukupnya sekitar ½ isi kontainer, lalu masukkan potongan apel kecil, dan tuangkan cuka apel secukupnya kedalam kontainer, lalu masukkan Starterpacknya, dan biarkan didalam ruangan dalam beberapa minggu, makan Vineegar Eel dapat disantap oleh burayak-burayak ikan cupang. 

1 comment :

  1. Ada cara lain agar burayak cepat besar, berikut adalah caranya : makanan burayak ikan cupang

    Informasi selengkapnya tentang ikan cupang cupang sehat

    ReplyDelete