Tuesday, 9 October 2012

Cara Mengawinkan Ikan Cupang dengan Mudah

Pemilihan Induk Berkualitas
                Ikan cupang yang berkualitas dapat anda temukan di penjual-penjual ikan terdekat. Anda tinggal meminta ikan cupang jantan, dan ikan cupang betina. Jika readers-readers sekalian belum mengetahui perbedaan antara ikan cupang jantan dan betina, berikut adalah perbedaannya.
A.      Cupang Jantan
a.       Badan, ekor, dan sirip cupang jantan lebih panjang.
b.      Warna lebih cerah dan terang.
c.       Gerakan lebih agresif.
d.      Biasanya di toko ikan dijual dalam botol sendiri-sendiri.
B.      Cupang Betina
a.       Badan, ekor, dan sirip cupang betina pendek dan agak membulat.
b.      Warna kusam dan sedikit pudar.
c.       Gerakan lambat dan g
emulai.
d.      Biasanya dijual di toko dicampur dengan betina lain dalam satu akuarium.
Proses Pemijahan
                Setelah kita mendapatkan indukan ikan, langsung saja kita mempersiapkan wadah/ember/akuarium sebesar 50x35x40cm. Masukkan bebatuan kecil agar akuarium terlihat lebih menarik, masukkan juga dedaunan bisa yang plastik bisa yang asli.
1.       Masukkan Jantan kedalam akuarium. Hal ini dilakukan supaya induk jantan dapat beradaptasi tempat barunya. Sedangkan ikan betinanya masukan kedalam botol plastik/ kaca bening. Makanan yang disarankan adalah jentik nyamuk, supaya lebih bersih. Botol plastik yang berisi ikan cupang betina dimasukkan ke akuarium yang berisi ikan jantan, tepat sehari setelah ikan jantan beradaptasi.
2.        Keesokan harinya, akan terlihat gelembung-gelembung yang di hasilkan oleh ikan jantan sebagai tempat telur yang dikeluarkan betina nanti. Setelah gelembung-gelembung/buih sudah lumayan banyak, masukkan betina kedalam akuarium, dan tutup akuarium. Biarkan satu malam.
3.       Setelah satu malam, akan terlihat bahwa si jantan akan mengusir si betina. Kenapa? Yang menjaga telur adalah jantan, yang betina malah akan memakan telur, makanya itu si jantan ngusir si betina. Setelah itu, langsung pisahkan si betina dari si jantan. Biar kan si betina istirahat, dan beri makan juga perawatan ekstra.
4.       Jangan terlalu fokus pada si betina, sebab yang penting dalam hal ini adalah burayak ikan. Setelah ikan betina dipindahkan. Kali ini tugas si jantan untuk merawat dan menjaga anak-anaknya. Si jantan akan terus mengawasi telur-telur yang ada di dalam buih atau gelembung-gelembung hingga mereka menetas.
5.       Setelah beberapa hari, telur akan menetas, dan burayak-burayak akan belajar berenang. Si jantan akan terus memunguti burayak-burayak yang tenggelam, hingga semua dapat berenang. Setelah semua burayak dapat berenang. Langsung pisahkan si jantan dari akuarium. Minggu pertama, burayak-burayak ikan tidak perlu diberi makan, karena dalam tubuh burayak masih terdapat cadangan makanan yaitu kuning telur.
Pemberian Pakan Burayak
1.       Biasanya setelah seminggu, kuning telur dalam tubuh burayak akan mulai habis. Pakan yang cocok adalah tepung artemia salinan. Selain itu banyak peternak-peternak cupang memberi burayak kuning telur rebus. Kuning telur di masukkan dalam air, lalu burayak akan memakan campuran-campuran kuning telur yang mengambang.
2.       Setelah ikan bertumbuh dan membesar, ikan lebih baik diberi makan jentik-jentik nyamuk, cacing sutra, kutu air. Ketiga pakan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.
a.       Jentik-jentik nyamuk
Jentik-jentik nyamuk atau biasa dikenal sebagai cuk merupakan anakan dari nyamuk. Cuk sangat bagus bagi ikan cupang. Protein dalam cuk sangat tinggi bagi ikan cupang, cuk dapat mencerahkan warna ikan dan mengembalikan daya tahan tubuh ikan yang lemas.
b.      Cacing Sutra.
Cacing Sutra adalah salah satu pakan ikan cupang yang sangat mudah untuk didapatkan. Biasanya cacing sutra dapat ditemukan di selokan yang airnya mengalir. Sangat disarankan untuk kita para Betta Lovers untuk mencuci terlebih dahulu cacing sutra dan memberi antibiotics sebelum memberinya kepada ikan cupang.
c.       Kutu Air

Kutu air termasuk dalam kategoru udang udang renik yang biasa ditemukan digenangan air. Kutu air sangat bagus bagi ikan, terutama ikan yang memang dipelihara untuk memenangkan lomba kontes kecantikan. Karena kutu air dapat membantu dalam memperlebar ekor dan sirip ikan serta mencerahkan warna ikan.

3 comments :

  1. Punya hp Android ? Rugi kalau cuma buat sms, telepon dan on line saja. Karena dengan hp Android kita bisa menghasilkan uang dan dapat di tukar untuk membeli diamond di line get rich dan permainan lainnya. Langsung saja cara mendapatkan dolar dengan daftar whaff rewards :1. Masuk ke Google Play, cari/Search : WHAFF (ukuran 14MB)2. Download aplikasi whaff dan Install di Android kamu.3. Kemudian buka dan Login dengan FB (atas) dan masukan Premium Code Invite : AP39960(harus masukin kode ini karena setelah masukin kode ini akan mendapatkan $) 4. SelesaiSetelah berhasil login silahkan lakukan like FP dari WHAFF dan beberapa aksi lainnya untuk mendapatkan uangUntuk cara payout atau pembayarannya Whaff menggunakan banyak metode yaitu Xbox Live Gift, Playstasion@store Gift Card, Amazon Gift Cards, Google play Gift card, steam gift card, facebook gift card, iTune gift card dan Paypal. Kalau saya lebih suka menggunakan Paypal karena bisa dikirim ke Bank Indonesia. Jika belum mempunyai Paypal daftar dulu caranya cara daftar Paypal . Untuk cara Payout whaff menggunakan paypal caranya sebagai berikut : Masuk ke aplikasi whaff lalu pilih menu browse lalu pilih exchange. Scroll ke bawah pilih Paypal. Masukan jumlah payout dan e-mail Paypal. Selanjutnya klik Payout. Proses payout akan terkirim dalam waktu 1-3 hari  . Pengalaman pribadi saya tidak sampai 24 jam sudah terkirim, kecuali hari libur.

    ReplyDelete
  2. Kak kalo pengen tau mareka udh saling lenal gimana

    ReplyDelete